Kamis, 25 Februari 2016

Kisah Sukses Riana Agustina : " Wirausaha Bermula dari Mendadani Mobil "

Riana Agustina
SAMPINGAN: Mengurus usaha dianggap Riana Agustina sebagai cara mengisi waktu luangnya. Karena bagi dia, profesi sesungguhnya adalah menjadi ibu rumah tangga.



Di sebuah ruangan penuh dengan berbagai macam barang otomotif, seorang perempuan muda tengah memerhatikan karyawan yang memasang perlengkapan kendaraan di tokonya. Dering telepon dari pelanggan mengambil alih perhatiannya. Di sela-sela itu, panggilan dan tangisan seorang bocah memecah konsenterasinya.

DITANYA tentang kesibukan sehari-hari, Riana Agustina menjawab dengan cepat. “Saya seorang ibu rumah tangga,” tegasnya. Setiap pagi, dia disibukkan dengan dua orang putra, membuat sarapan dan mengantar jemput anak pertamanya sekolah.

“Sampingannya, setelah semua urusan anak selesai, barulah saya mengurus pekerjaan yang ada di toko variasi. Sebenarnya, toko pun sudah ada karyawan yang mengurus tapi saya tetap harus mengawasi,” ucap perempuan yang akrab disapa Riana itu.
Baca Juga :

Rahasia Janda dan Mama Mudah yang Saat ini Banyak Digemari



Perempuan kelahiran 24 Agustus 1981 tersebut bercerita, berawal dari hobinya mendadani kendaraan pribadi, dia pun berkeinginan membuka usaha variasi mobil sendiri. Istri dari Muhammad Husniadi tersebut mengatakan, sebelum mewujudkan keinginan itu dirinya sempat ragu. Keraguan tersebut bertambah ketika orangtuanya tidak menyetujui niatnya berwirausaha.

“Ayah saya seorang guru besar di Universitas Mulawarman (Unmul), beliau ingin saya menjadi dosen. Tetapi, saya tidak bisa mengikuti keinginan orangtua karena merasa tidak memilki passion di bidang tersebut,” ucapnya saat ditemui, Senin (22/2).

Perempuan berkulit putih itu kemudian berusaha meyakinkan kedua orangtuanya, bila dia bisa mengelola sebuah usaha dengan baik. Setelah mendapat izin dan modal dari orangtua, Riana pun memulai usahanya.

“Tepat Februari 2010, dengan modal kecil dari orangtua, saya pun merintis usaha. Namanya juga baru buka usaha, pasti saat itu belum punya pelanggan tetap, pelanggan masih sedikit. Tetapi untungnya, setelah itu saya selalu mendapat dukungan dari orangtua untuk menjalankan usaha ini,” papar ibu dari Putra dan Arya tersebut.

Untuk menarik pelanggan, Riana pun gencar melakukan promosi lewat media cetak, radio, dan spanduk. Dia memberikan beragam diskon bagi pelanggann. Berbekal ilmu ekonomi yang pernah didapat saat mengecap pendidikan di Unmul, Riana sangat paham cara berwirausaha.

“Ada empat hal yang harus dipenuhi saat ingin membuka usaha. Tempat, harga, promosi, dan produk. Tempat untuk usaha harus mendukung, cari tempat yang strategis. Harga, biasanya pelanggan senang mencari harga yang lebih murah, soal harga memang harus bersaing tetapi tetap tidak memberi harga yang jatuh dari pasaran,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Riana, promosi lewat beragam media pun tak bisa dilewatkan. Dan terakhir adalah produk, untuk hal yang ini Riana mengaku harus selalu update informasi tentang lifestyle otomatif, untuk mengikuti perkembangan jaman.

“Menyesuaikan dengan kendaraan-kendaraan keluaran terbaru. Jadi harus tahu, sekarang kendaraan seperti apa yang digandrungi, saya kemudian mencari perlengkapannya. Saya perlu berinovasi dan selalu survei barang-barang terbaru supaya tidak ketinggalan jaman, menyesuaikan selera pelanggan sekarang,” urainya.

Enam tahun mengelola usaha, kini Riana tengah berusaha mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dengan memberikan pelayanan yang memuaskan. Riana pun mengaku sangat mencintai pekerjaannya tersebut.

Baca Juga :

Mengapa Mama-Mama Muda Justru Jauh Lebih Menarik Dari ABG? Alasan Ini Akan Bikin Kamu Makin Lumer

 

“Semua dijalani dengan enjoy, karena membuka usaha juga menjadi pilihan saya sejak awal. Susah senang itu pasti ada, karena semua orang pasti merasakannya juga,” pungkas Riana. (*/ni/her/k9)
Sumber : Kaltim Prokal

Previous
Next Post »